Crowne Plaza Bandung, Pilihan Tepat untuk Liburanmu

IKA IMAPES Basuo di Jakarta


Organisasi primordial “Ikatan Mahasiswa Pesisir Selatan – Universitas Andalas” (IMAPES UNAND) adalah salah satu organisasi mahasiswa yang populer di kota Padang, Sumatera Barat. Organisasi ini diprakarsai oleh sejumlah mahasiswa Unand yang berasal dari kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 1999 silam.

Saya masih ingat beberapa kegiatan andalan organisasi ini di masa-masa kejayaannya, antara lain: pengukuhan anggota baru, Mubes, Try Out UMPTN, mendukung kegiatan Safari Pendidikan yang diselenggarakan oleh Forum Lintas Rantau, Latihan Dasar Kepemimpinan, anjangsana, homestay, dan kegiatan seru lainnya.

Dua puluh tahun sudah IMAPES berkiprah. Sebagian besar anggotanya kini menjelma menjadi alumni yang tersebar di berbagai daerah dan beragam dunia kerja.

Sebagai salah satu anggota IMAPES angkatan 2001, adalah sebuah kebahagiaan bagi saya bisa bertemu kembali dengan beberapa alumni untuk sekadar menyapa, lalu mengenang beberapa hal penting yang pernah kami lalui bersama belasan tahun lalu.

Doni (FISIP 2000) - Azmi (Peternakan 2002) - Trisa (Teknologi Pertanian 2001)

Seperti  yang terlihat di foto ini, reuni kilat wilayah Jabodetabek akhirnya bisa dihadiri oleh kami bertiga. Pak Doni, Pak Azmi, dan saya sendiri memutuskan untuk bertemu di fX Sudirman pada 12 September 2019 lalu.

Sebenarnya rencana ini sudah kami bicarakan jauh-jauh hari di dalam sebuah grup yang dihuni oleh seratusan lebih alumni. Namun karena terhalang kesibukan masing-masing, maka kami bertigalah yang menunjuk diri untuk menjadi perwakilan.

Sungguh saya salut pada kedua rekan alumni yang duduk satu meja dengan saya ini. Sebab ketika pertemuan berlangsung, mereka juga menyelesaikan tugas kantor dalam waktu bersamaan, padahal kami menggunakan jam istirahat. Tak terhitung jumlah panggilan yang masuk ke ponselnya, sehingga berulang kali pembicaraan kami harus di-pending demi panggilan-panggilan tersebut.

Unik memang. Seni pertemuan yang mungkin jarang ditemui. Kesibukan kadang menjadi alasan utama untuk meniadakan silaturrahim yang nyatanya tak perlu menghabiskan waktu jutaan menit.

Meskipun hanya sekejap, alhamdulillah kami tetap bisa merumuskan ide yang insyaAllah bermanfaat bagi segenap alumni di mana pun berada.

Berikut kesimpulan diskusi Tripartit:
  1. Membuka sesi pameran bagi semua anggota grup yang mempunyai usaha, baik berupa barang maupun jasa. Tujuannya untuk saling mengetahui dan mendukung usaha teman-teman kita.
  2. Membangun suasana diskusi grup yang inklusif, mengundang keterlibatan semua anggota grup agar suasana kebersamaan lebih terasa.
  3. Demikian dan terima kasih.
Ttd
Doni – Azmi – Trisa

Seiring berjalannya waktu, IMAPES UNAND kini telah berganti nama menjadi IMAPES UNAND – PNP, begitu informasi dari adik-adik yang melanjutkan tongkat estafet kebanggaan. Perubahan nama ini dilakukan sejak Politeknik Universitas Andalas berganti sebutan menjadi Politeknik Negeri Padang pada 2012 lalu.

Semoga  hal-hal positif ini tetap terjaga.